Aktor dan komedian Rony Dozer, Meninggal Dunia

kredit foto : tribunnews.com


Scpavilion.com - Aktor dan komedian Rony Dozer, 46, meninggal Kamis sore (11 November 2021). Menurut kutipan dari Kompas.com, Kamis (11 November 2021), teman Ronnie, Lency Milano, mengatakan dia masih melakukan kontak telepon dengan Ronnie kemarin pagi. Komedian, yang diumumkan di acara televisi Extravaganza pada saat itu, kehabisan napas, kata Lancy. "Dia bernafas seperti itu (kehabisan udara), dia mengatakan kolesterolnya meningkat dalam banyak hal," kata Lancy. "Pagi ini Ronnie baru saja menelepon saya, bercanda banget," ujarnya dikutip Kompas.TV. Namun, penyebab pasti kematiannya masih belum diketahui.

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan komplikasi, apa saja gejala kolesterol tinggi? 

Apa itu kolesterol tinggi? Kolesterol adalah zat lilin seperti lemak yang diproduksi oleh hati, menurut laporan Healthline. Kolesterol penting untuk pembentukan membran sel, vitamin D, dan hormon tertentu. Namun, kolesterol tidak larut dalam air dan tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh. Partikel, yang dikenal sebagai lipoprotein, membantu mengangkut kolesterol melalui aliran darah. Ada dua jenis lipoprotein. Low-density lipoprotein (LDL), juga dikenal sebagai "kolesterol jahat," dapat menumpuk di arteri dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung dan stroke. High-density lipoprotein (HDL), kadang-kadang disebut "kolesterol baik," membantu mengembalikan kolesterol LDL ke hati untuk dibuang. Makan terlalu banyak makanan yang mengandung lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL darah Anda. Ini juga dikenal sebagai hiperkolesterolemia dan juga disebut hiperkolesterolemia atau hiperlipidemia. 

Jika kadar kolesterol LDL terlalu tinggi atau kadar kolesterol HDL terlalu rendah, timbunan lemak akan menumpuk di pembuluh darah. Endapan ini membuat darah sulit mengalir melalui pembuluh darah dan menyumbat pembuluh darah. 

Jika tidak ditangani dengan baik, kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah pada tubuh, terutama jantung dan otak, atau bisa berakibat fatal. Kolesterol tinggi juga dapat disebabkan oleh kurang olahraga, kelebihan berat badan, merokok, konsumsi alkohol, atau kelainan genetik, selain makan makanan berlemak, lapor NHS. 

Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan mengobati penyebabnya. Yakni, memperbanyak pola makan sehat dan olahraga. Namun, beberapa orang membutuhkan bantuan obat. Gejala Kolesterol Tinggi Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala. Paling sering, itu menyebabkan keadaan darurat seperti serangan jantung dan stroke yang diakibatkan oleh kerusakan kolesterol tinggi. Peristiwa ini biasanya tidak terjadi sampai kolesterol tinggi menyebabkan pembentukan plak arteri. 

Plak dapat mempersempit arteri, sehingga lebih sedikit darah yang melewatinya. Pembentukan plak mengubah penempatan lapisan dalam vena. Ini adalah penyebab komplikasi serius. Tes darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kolesterol Anda tinggi. 

Peningkatan kadar kolesterol lebih dari 240 miligram (mg/dL) per desiliter. Orang berusia dua puluhan dapat menjalani tes kolesterol. Kemudian periksa kembali kolesterol Anda setiap 4-6 tahun sekali. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi, dokter mungkin menyarankan Anda untuk memeriksakan kolesterol lebih sering. Atau jika Anda memiliki salah satu faktor risiko berikut: Hipertensi Kegemukan Merokok Status Genetik Ada suatu kondisi yang ditularkan oleh gen penyebab kolesterol tinggi yang disebut familial hypercholesterolemia. 

Kadar kolesterol pada orang dalam keadaan ini berada di atas 300 mg/dL. Mereka mungkin memiliki xanthomas, yang mungkin muncul sebagai bintik-bintik kuning pada kulit atau tonjolan di bawah kulit. Diagnosis Kolesterol tinggi dapat didiagnosis dengan sangat mudah dengan tes darah yang disebut panel lipid. Dokter akan mengambil sampel darah dan mengirimkannya ke laboratorium untuk dianalisis. Panel lipid mengukur kolesterol total, kolesterol HDL, kolesterol LDL dan trigliserida. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa ini adalah tingkat yang diperlukan: Kolesterol LDL: kurang dari 100 mg/dL Kolesterol HDL: lebih dari 60 mg/dL Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL

Kolesterol umumnya memiliki batas atas 200-239 mg/dL. Di atas 240 mg/dL, dianggap kolesterol tinggi. Kolesterol LDL umumnya dianggap sebagai "batas atas" untuk 130-159 mg/dL. Di atas 160 mg/dL dianggap "tinggi". Kolesterol HDL umumnya dianggap "buruk" jika kurang dari 40 mg/dL.

Post a Comment

0 Comments